Senin, 07 November 2016

DAMPAK DAN HUBUNGAN CYBERBULLYING DENGAN PSIKOLOGI


Cyberbullying


Contoh kasus: Kasusnya Sonya Depari yang kemarin heboh ternyata semakin panjang. Setelah dibully ramai-ramai di berbagai media sosialnya, Ayah kandung dari Sonya Depari meninggal dunia. Ayah kandung Sonya, Arman Depari, meninggal setelah menonton video Sonya yang sedang memarahi polisi saat merayakan selesainya UN. Beliau dikabarkan syok dan terkena serangan jantung melihat tingkahnya Sonya, mungkin sedih juga karena nggak diakuin sebagai Ayah, Sonya malah menyebut nama lain sebagai Ayahnya.

Kejadian yang menimpa Sonya ini bisa jadi pelajaran bagaimana media sosial bisa sangat berpengaruh di kehidupan nyata. Kalo kamu ngelakuin kesalahan, terekam dan menjadi viral, hidup kamu nggak akan sama lagi, bullying di mana-mana. Mungkin apa yang Sonya lakukan hanyalah suatu bentuk kelabilan remaja, tapi mau gimana, netizen memadangnya berbeda. Terutama untuk anak remaja yang masih labil dan perlu bimbingan, efeknya bisa sangat berbahaya


Cyberbullying adalah segala bentuk kekerasan yang dialami anak atau remaja dan dilakukan teman seusia mereka melalui dunia cyber atau internet. Cyber bullying adalah kejadian manakala seorang anak atau remaja diejek, dihina, diintimidasi, atau dipermalukan oleh anak atau remaja lain melalui media internet, teknologi digital atau telepon seluler.
Cyber bullying dianggap valid bila pelaku dan korban berusia di bawah 18 tahun dan secara hukum belum dianggap dewasa. Bila salah satu pihak yang terlibat (atau keduanya) sudah berusia di atas 18 tahun, maka kasus yang terjadi akan dikategorikan sebagai cyber crime atau cyber stalking (sering juga disebut cyber harassment).
Bentuk dan metode tindakan cyber bullying amat beragam. Bisa berupa pesan ancaman melalui e-mail, mengunggah foto yang mempermalukan korban, membuat situs web untuk menyebar fitnah dan mengolok-olok korban hingga mengakses akun jejaring sosial orang lain untuk mengancam korban dan membuat masalah. Motivasi pelakunya juga beragam.Ada yang melakukannya karena marah dan ingin balas dendam, frustrasi, ingin mencari perhatian bahkan ada pula yang menjadikannya sekadar hiburan pengisi waktu luang.Tidak jarang, motivasinya kadang-kadang hanya ingin bercanda.
Menurut Hertz (2008), cyberbullying adalah bentuk penindasan atau kekerasan dengan bentuk mengejek, mengatakan kebohongan, melontarkan katakata kasar, menyebarkan rumor maupun melakukan ancaman atau berkomentar agresif yang dilakukan melalui media-media seperti email, chat room, pesan instan, website (termasuk blog) atau pesan singkat (SMS), dan media sosial yang lain nya.
Cyberbullying terdiri dari dua individu yang terlibat, yaitu pelaku (the bully) dan korban (the victim). Pelaku adalah seseorang yang secara langsung melakukan agresi baik fisik, verbal atau psikologis kepada orang lain dengan tujuan untuk menunjukkan kekuatan atau mendemonstrasikan pada orang lain pada cybermedia (Hernandika, 2012). Sedangkan korban adalah seseorang yang menjadi sasaran atau target dari penindasan yang dilakukan oleh pelaku pada cybermedia.
Dampak Psikologis Akibat Cyberbullying Masa remaja merupakan periode kehidupan yang penuh dinamika karena pada masa tersebut terjadinya transisi dari masa kanak-kanak ke masa remaja sehingga masa remaja ini bisa dikatakan sebagai masa labil. Sedangkan penggunaan tekonologi informasi di kalangan remaja semakin meningkat dari tahun ke tahun. Remaja dapat menghabiskan waktu selama 5 jam dalam satu minggu untuk membuka internet. Remaja laki-laki menggunakan internet untuk online, membuka web dan bermain game online sedangkan remaja perempuan menggunakan internet untuk membuka jejaring sosial, chatting, dan berbelanja lewat online shop.
Peningkatan waktu dalam menggunakan internet memungkinkan remaja untuk memiliki pengalaman yang lebih luas di luar batas- batas rumah, sekolah dan masyarakat lokal, namun juga mengakibatkan adanya kenakalan-kenakalan yang dilakukan dalam internet. Kenakalan-kenakalan yang dilakukan oleh remaja tersebut misalnya cyberbullying. Kekerasan cyberbullying pada remaja apabila tidak segera diselesaikan dengan baik dihawatirkan akan muncul perilaku negatif yang berakibat fatal. Maka tindakan-tindakan preventif harus segera dilakukan untuk menanggulangi masalah- masalah tersebut.
Melihat cerita korban bullying di atas, apakah kamu masih mau ngebully temen atau orang yang nggak kamu kenal di media sosial? Tidak  hanya karena mereka melakukan kesalahan, seringkali mereka di-bully karena keterbatasan atau kekurangan fisik. Berbagai akibat pun bisa terjadi, seperti:

1.    Rasa malu
Malu saat diledekin, malu setiap mau keluar rumah, terutama bagi mereka yang sempat viral di media sosial, kemungkinan dikenal banyak orang karena kasusnya.

2.    Ketidakpercayaandiri
Korban bullying bisa kehilangan rasa percaya diri karena sebelumnya menerima banyak sekali hinaan dan intimidasi.


3.    Antisosial
Takut bersosialisasi karena khawatir orang-orang yang baru dikenal juga bakal ngeledekin dia, akhirnya jadi menutup diri.

4.    Dendam
Munculnya rasa marah dan kemudian jadi dendam sama orang-orang pernah ngeledekin dia.

5.    Stress dan depresi
Tekanan yang dirasakan oleh korban bullying bisa membekas dan bikin si korban stress, lama-lama jadi depresi.

6.    Bunuh diri
Ini akibat paling fatal, bunuh diri. Korban yang nggak tahan di-bully terus-terusan, merasa nggak punya teman dan hidupnya penuh siksaan 


7.    Keluarga ikut stress
Tidak hanya korban yang stress dan depresi, keluarga pun. Kasus Sonya Depari adalah salah satu contoh bagaimana keluarga korban bullying juga terpengaruh.



Kesimpulan :
Perilaku cyberbullying dapat memberikan dampak negatif, antara lain korban mengalami depresi, kecemasan, ketidaknyamanan, prestasi di sekolah menurun, tidak mau bergaul dengan teman-teman sebaya, menghindar dari lingkungan sosial, dan adanya upaya bunuh diri. Cyberbullying yang dialami remaja secara berkepanjangan akan menimbulkan stres berat, melumpuhkan rasa percaya diri sehingga memicunya untuk melakukan tindakan-tindakan menyimpang seperti mencontek, membolos, kabur dari rumah, bahkan sampai minum minuman keras atau menggunakan narkoba. Cyberbullying juga dapat membuat mereka menjadi murung, dilanda rasa khawatir, dan selalu merasa bersalah atau gagal. Sedangkan dampak yang paling menakutkan adalah apabila korban cyberbullying sampai berpikir untuk mengakhiri hidupnya (bunuh diri) oleh karena tidak mampu menghadapi masalah yang tengah dihadapinya.
Tindakan preventif bisa dilakukan mulai dari diri sendiri, misalnya menambah wawasan tentang penggunaan teknologi informasi, memperkaya kreatifitas, dan mulai menanamkan sikap kearifan sejak dini. Peran keluarga dan bimbingan orang tua juga sangat diperlukan misalnya dengan mendampingi anak saat menggunakan alat komunikasi serta membiasakan untuk bersikap terbuka antar masing-masing anggota keluarga.




Nama   : VILIAN VISAN
Kelas   : 4PA15
NPM   : 19513172

Tidak ada komentar:

Posting Komentar